Selasa, 19 Mei 2009

Ribuan Babi di Malang Divaksinasi Massal

Ribuan Babi di Malang Divaksinasi Massal



Surabaya (ANTARA News) - Sedikitnya 8.500 ekor babi milik para peternak di Kabupaten Malang, Jawa Timur, diberi vaksinasi secara massal.

"Upaya ini untuk mencegah penyebaran virus H1N1 yang ditularkan melalui babi," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Jawa Timur, drh. Erna Tjiptaning, di Surabaya, Senin.

Menurut dia, selain diberi vaksin, sejumlah kandang babi di Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang itu juga disemprot dengan cairan disinfektan.

"Peternakan babi di Desa Arjowilangun itu berada di tengah-tengah pemukiman warga. Ini yang harus diwaspadai," kata Erna.

Kendati hingga kini belum ditemukan adanya kasus flu babi di Jatim, Dinas Peternakan juga mengambil sampel darah babi di desa itu. 

"Selain itu kami juga mengambil sampel darah dari peternakan babi wilayah Kromengan dan Dampit untuk kami teliti lebih lanjut di laboratorium," katanya.

Dinas Peternakan Jatim sudah membagi-bagikan vaksin berupa Caladex untuk menghambat kolera dan Bivadex untuk mengantisipasi penyakit kolera di sejumlah peternakan babi di wilayah Kabupaten Malang. 

Tidak ada komentar: